BPR Bank Jogja Siap Tingkatkan Layanan Digital
Umbulharjo - Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto melantik dan mengambil sumpah Kosim Junaedi sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) BPR Bank Jogja untuk masa jabatan tahun 2024 - 2026. Pelantikan dilaksanakan di Ruang Yudistira Kompleks Balai Kota Yogyakarta, Jumat (25/10).
Sugeng Purwanto menyampaikan ucapan selamat kepada Kosim Junaedi atas terpilihnya kembali untuk memimpin BPR Bank Jogja. Pihaknya juga menyampaikan doa dan harapan agar Kosim dapat menjalankan tugas mulia ini sebagai ibadah dan sebagai kontribusi nyata bagi masyarakat.
Pada kesempatan ini, Sugeng menekankan Bank Jogja diharapkan mampu mendukung perekonomian lokal melalui pelayanan yang berkualitas dan tata kelola perusahaan yang baik. Selain itu Bank Jogja perlu melihat potensi daerah dengan cermat dan tidak bergantung sepenuhnya pada penyertaan modal dari Pemerintah Daerah.
Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto melantik direktur utama BPR Bank Jogja
"Bank Jogja diharapkan dapat menjalankan amanah pengelolaan dana dari masyarakat dengan baik, memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Yogyakarta," ujar Sugeng.
Selain itu, Sugeng menekankan pentingnya dukungan Bank Jogja dengan selalu meningkatkan kinerja Bank Jogja, terutama terkait peningkatan kualitas kredit dan pengembangan bisnis.
"Bank Jogja harus memiliki andil dalam mendukung usaha mikro dan koperasi agar tetap tangguh dan berkelanjutan," tambahnya.
Kosim Junaedi mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan untuk melanjutkan kepemimpinan di Bank Jogja. Pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Sugeng Purwanto, Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya serta seluruh jajaran pemerintah Kota Yogyakarta yang telah mendukungnya.
Penandatanganan rencana bisnis kinerja
“Tentu saya akan melaksanakan tugas ini dengan sebaik mungkin. Prioritas utama kami di Bank Jogja adalah peningkatan kinerja, baik dari sisi keuangan maupun pelayanan. Selama ini kami melihat ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, dan ini akan menjadi fokus kami ke depan,” ujar Kosim Junaedi.
Kosim juga menekankan pentingnya pemulihan kinerja Bank Jogja setelah terdampak pandemi COVID-19 serta permasalahan lainnya. Ia menyatakan bahwa upaya perbaikan akan dilakukan di berbagai aspek, termasuk pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan layanan, baik manual maupun digital.
“Kami akan meningkatkan layanan dari yang manual ke digital. ATM yang sudah dimiliki akan dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti transfer, pembayaran, dan lainnya, sehingga setara dengan bank umum. Ini akan menjadi salah satu fokus kami dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” jelas Kosim.
Tidak hanya itu, Kosim juga berencana untuk memperluas jangkauan layanan berbasis kecamatan serta menambah cabang dan kantor kas baru. “Meskipun dua tahun ke depan tidak akan muluk-muluk, kami berharap bisa melaksanakan semua rencana bisnis dan kerja yang telah disepakati,” kata Kosim.
Ia juga berharap kerja sama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dan Bank Jogja semakin baik di masa mendatang, sehingga Bank Jogja bisa terus berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan memberikan pelayanan yang lebih optimal bagi masyarakat. (Chi)